Apa itu SOC dan Perannya dalam Menjaga Keamanan Jaringan

Pernahkah Anda mendengar istilah apa itu SOC? SOC atau Security Operations Center merupakan tim yang bisa membantu perusahaan Anda dalam mencegah serangan siber yang dapat mengancam keamanan jaringan komputer. Anggota tim SOC tidak hanya menjaga keamanan siber perusahaan, tetapi memberikan manfaat yang signifikan pula bagi perusahaan Anda.


Kebocoran data dan kejahatan siber yang sering menimpa perusahaan besar di Indonesia hendaknya perlu menjadi pelajaran berharga bagi Anda. Perusahaan harus memperhatikan keamanan jaringan komputer mereka dengan lebih serius melalui penerapan Security Operations Center (SOC).


Lantas, apakah yang dimaksud SOC itu? Mengapa SOC berperan penting bagi perusahaan? Temukan jawabannya melalui artikel menarik di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Security Operations Center (SOC)

Security Operation Center (SOC) merupakan pusat pengendalian operasi yang bertanggung jawab dalam memonitor dan menjaga keamanan siber sebuah perusahaan. SOC menggunakan teknologi canggih untuk memantau aktivitas yang terjadi dalam jaringan komputer perusahaan. Teknologi ini berguna untuk mengidentifikasi potensi serangan keamanan, mengumpulkan informasi ancaman keamanan terbaru, dan mengawasi perilaku pengguna jaringan komputer. 


SOC terdiri dari sejumlah analis keamanan yang andal dan berpengalaman dalam menangani serangan keamanan jaringan komputer yang mungkin terjadi. Perusahaan membutuhkan SOC untuk mengurangi risiko keamanan serta memberikan tanggapan cepat dan efektif apabila terjadi serangan pada jaringan komputer.


SOC memiliki peran penting dalam menjaga keamanan suatu jaringan komputer Anda. Fungsi utama SOC adalah untuk mengelola keamanan informasi dan merespons segala jenis ancaman keamanan yang terjadi di dalam jaringan komputer perusahaan. Perusahaan bisa meningkatkan kesadaran terhadap keamanan jaringan dan melindungi data dari ancaman keamanan yang berbahaya. 


Singkatnya, SOC dapat membantu perusahaan Anda dalam merespons serangan keamanan secara cepat dan efektif. Perusahaan bisa meminimalkan kerugian dan mempertahankan reputasinya di mata publik.

Alasan Perusahaan Anda Membutuhkan Layanan SOC

Mungkin Anda masih belum memahami pentingnya SOC dalam menjaga keamanan jaringan perusahaan. Oleh karena itu, cobalah melihat beberapa alasan penting mengapa perusahaan Anda membutuhkan layanan SOC.

1. Kemampuan Mendeteksi Ancaman Siber

Anggota tim SOC telah memiliki keahlian dan pengalaman yang mumpuni di bidang keamanan siber. Keahlian ini bisa menjadi bekal dalam mendeteksi ancaman yang menyerang server perusahaan dengan lebih akurat.


Tidak hanya itu, mereka juga mampu merespons setiap ancaman siber semaksimal mungkin supaya tidak berdampak besar pada keamanan jaringan. Karyawan IT di perusahaan Anda pun akan lebih fokus dalam mengerjakan tugasnya. Untuk memahami cara kerja SOC dalam mendeteksi ancaman siber, Anda bisa membaca artikel berikut ini: Apa yang Dilakukan SOC dalam Mencegah Serangan Siber?

2. Sebagai Langkah Preventif

SOC merupakan langkah preventif agar risiko serangan siber tidak membesar dan berdampak buruk pada keamanan perusahaan. Serangan siber bisa terjadi secara mendadak dan tanpa disadari. Anda perlu melakukan langkah preventif dalam menjaga keamanan siber sebelum serangan siber terjadi. Ketika terjadi serangan, Anda pun tidak perlu panik karena sudah ada tim SOC yang menanganinya.

3. Melindungi Data Perusahaan

Data sangatlah penting bagi perusahaan, khususnya data keuangan. Tidak hanya itu, data pelanggan juga perlu dijaga kerahasiaannya agar tidak bocor ke publik. Reputasi perusahaan bisa rusak apabila terjadi kebocoran data. SOC dapat membantu Anda dalam melindungi data-data penting perusahaan, contohnya data pelanggan, data karyawan, data finansial, dan sebagainya dari serangan siber berupa data breach.

4. Mengurangi Risiko Kejahatan Siber

Kejahatan siber sering menyasar perusahaan besar dan mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah. Tim SOC dapat membantu mengurangi risiko perusahaan terpapar kejahatan. Mereka dapat mengantisipasi dan mengatasi masalah keamanan siber yang menyasar jaringan komputer Anda. Kehadiran SOC juga berguna untuk menumbuhkan kesadaran karyawan terhadap keamanan jaringan sehingga mereka dapat lebih waspada ketika mengoperasikan server perusahaan.

5. Mengurangi Biaya Akibat Serangan Siber

Banyak perusahaan menganggap bahwa membangun SOC membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Namun, biaya itu tidak sebanding dengan dampak dari pelanggaran keamanan, kehilangan data, kerusakan jaringan, atau kehilangan pelanggan yang jauh lebih tinggi. Perusahaan pun bisa memilih alat keamanan yang tepat dan optimal untuk bisnis sehingga tidak akan ada pemborosan biaya untuk peralatan yang tidak berfungsi efektif.

Cara Kerja SOC dalam Mengamankan Jaringan Bisnis Anda

SOC memiliki cara kerjanya sendiri dalam menjaga keamanan jaringan milik perusahaan Anda. Tidak sama dengan tim IT di perusahaan Anda pada umumnya, tim SOC akan lebih fokus dalam menjaga keamanan siber. Berikut tugas yang mereka lakukan untuk mengamankan jaringan perusahaan Anda.

1. Antisipasi Serangan Siber

Inilah yang menjadi tugas utama SOC dan rutin dilakukan. SOC mengantisipasi serangan siber yang potensial dan mengancam keamanan jaringan komputer Anda. Mereka mendeteksi segala jenis ancaman siber yang akan muncul, kemudian mengambil tindakan untuk menghindari gangguan pada sistem keamanan perusahaan. Langkah antisipasi ini berguna agar tidak terjadi kerusakan lebih serius pada jaringan komputer Anda.

2. Analisis Bahaya dan Keamanan

SOC juga menganalisis keamanan dan bahaya siber pada perusahaan atau organisasi. Mereka bertanggung jawab mengevaluasi alat dan vendor keamanan yang digunakan untuk mencari tahu risiko bahaya yang mungkin terjadi. Mereka juga mengkaji ancaman yang pernah terjadi sebelumnya sebagai bahan rekomendasi peningkatan keamanan jaringan pada perusahaan.

3. Merespons Gangguan Keamanan

Tugas SOC yang paling penting adalah menangani gangguan keamanan yang terjadi secara cepat dan efektif. Setiap jenis gangguan siber harus langsung diatasi secepat mungkin agar bisa menghindari dampak negatif dan kerugian bagi perusahaan. SOC juga bertanggung jawab memulihkan sistem keamanan setelah terjadi serangan agar bisa beroperasi kembali secara normal.

4. Investigasi Gangguan Keamanan

Terakhir, SOC bertugas melakukan investigasi terhadap gangguan keamanan yang pernah terjadi. Investigasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab gangguan secara detail, kemudian merumuskan rekomendasi untuk perusahaan Anda agar gangguan tersebut tidak terulang lagi pada masa depan.

Gunakan Layanan SQURA SOC Sekarang Juga!

Mungkin Anda sudah merekrut tim IT di perusahaan. Namun, mereka belum tentu memiliki keahlian yang mumpuni dalam serangan siber layaknya tim SOC. Inilah alasan perusahaan Anda perlu merekrut orang untuk membentuk tim ahli SOC.


Selain membentuk tim ahli SOC, ada cara yang lebih efektif yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memanfaatkan layanan SQURA SOC dari SQURA Cybersec. Layanan akan diberikan langsung oleh tim analis keamanan jaringan siber kami yang telah memiliki sertifikasi di bidangnya sehingga Anda bisa memercayai keahlian dan pengalaman mereka. 


Tim SQURA SOC juga menggunakan teknologi termutakhir dalam mencegah ancaman siber sehingga hasil pemantauannya lebih akurat. Anda pun akan mendapatkan rekomendasi dalam bentuk laporan yang berguna untuk meningkatkan keamanan jaringan komputer.


Kami hadir untuk menjaga keamanan bisnis Anda selama 24/7 tanpa henti. Segala jenis ancaman dan kejahatan siber pun bisa diantisipasi lebih awal berkat tim SQURA SOC yang selalu siap sedia.


Tertarik untuk menggunakan layanan ini setelah memahami apa itu SOC dan manfaatnya untuk bisnis Anda? Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut tentang SQURA SOC. Atasi segala bentuk ancaman siber sedini mungkin dengan layanan terbaik dari SQURA Cybersec!

Blog

Bagikan Artikel Ini

Blog


Feb 28, 2023

Pengertian Security Orchestration, Automation, and Response (SOAR) serta Perbedaannya dengan SIEM

Pahami apa itu SOC dan perannya dalam menjaga keamanan jaringan

Blog


Feb 28, 2023

Memahami Cara Kerja Hacker Masuk ke Dalam Sistem dan Langkah Pencegahannya

Pahami apa itu SOC dan perannya dalam menjaga keamanan jaringan

Blog


Feb 28, 2023

7 Ancaman Keamanan Jaringan Yang Harus Anda Waspadai

Pahami apa itu SOC dan perannya dalam menjaga keamanan jaringan